Mengenal Aplikasi Kimia dalam Linux

Hai…teman-teman!!!^_^

Sekarang saatnya kita belajar kimia menggunakan aplikasi-aplikasi kimia yang ada di Linux. Sebelumnya kita harus tahu dulu apa saja aplikasi kimia dalam linux dan apa kegunaannya. Di sini akan diperkenalkan beberapa aplikasi kimia yang bisa membantu teman-teman dalam mempelajari atom, sifat-sifat unsure, jarak antar atom dalam sebuah ikatan molekul, dan masih banyak lagi. Aplikasi-aplikasi tersebut antara lain: Avogadro, Jmol, Kalzium, BKChem, dan Gamgi.

Di bawah ini akan dijelaskan satu-persatu dari aplikasi yang telah disebutkan tadi, disimak ya!

Selamat belajar, semoga mudah dipahami😀

  1. Avogadro

Avogadro adalah software kimia gratis, open source, tersedia dalam berbagai paltform sistem operasi merupakan editor molekul yang dirancang untuk digunakan secara fleksibel dalam kimia komputasi, pemodelan molekul, bioinformatika, ilmu material, dan bidang terkait lainnya. Avogadro yang tersedia dapat dijalankan pada sistem Windows, Linux, dan Mac OS X. Kode sumber-sumber tersedia di bawah GPL GNU. Menurut saya aplikasi ini sangat bagus dengan kelebihan ukuran filenya sangat kecil (tidak lebih dari 10 MB). Tampilan yang bagus dan sudah bisa dihandle oleh perangkat keras kebanyakan sekarang.

Ini adalah tampilan awal dari aplikasi Avogadro.

Tampilan awal Avogadro

Tampilan awal Avogadro

Aplikasi ini mempunyai beberapa Tool bar yang bisa digunakan, antara lain: Draw Tool, Navigation Tool, Bond Centric Manipulation Tool, Manipulation Tool, Selection Tool, Auto Rotation Tool, Auto Optimization Tool, Click to measure, Align molecules, dan masih banyak lagi menu-menu lain yang mendukung penggunaan aplikasi ini.

Draw Tool

Draw Tool

 

Gambar di atas adalah salah satu contoh penggunaan Draw Tool yang berfungsi untuk menciptakan atom-atom dan ikatan. Atom dalam ikatan ini juga dapat berotasi secara otomatis jika mengklik ikon Auto Rotation Tool.

Bond Centric Manipulation Tool berfungsi untuk mengetahui besar sudut ikatan seperti yang digambarkan dalam gambar berikut.

Bond Centric Manipulation Tool

Bond Centric Manipulation Tool

 

Kita juga bisa mengetahui jarak antara atom satu dengan atom yang lain dalam suatu ikatan dengan mengklik ikon Click to measure atau tekan F12, lalu klik atom-atom yang ingin diketahui jaraknya, seperti gambar berikut.

Click to measure

Click to measure

Mudah kan teman-teman???

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba . . . ^_^

 

 

Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s